November 8

Kecerdikan Al-Imam Adh-Dhahhak

​👍🏻 DI ANTARA BENTUK KECERDIKAN AL-IMAM ADH-DHAHHAK¹

✅Dahulu, seorang Nasrani(Kristen) berbeda pendapat dengan adh-Dhahhak bin Muzahim.
🌠 Suatu hari, beliau berkata padanya:

“Kenapa engkau tidak berIslam?”
❌ Si Nasrani berkata:”Karena aku menyukai khamr(minuman keras) dan aku tidak bisa menahan diri (untuk tidak meminumnya).”
✳ Beliau berkata:”Masuklah Islam dan silahkan engkau tetap meminumnya.”
Maka sang Nasrani itu pun masuk Islam…
👍🏻 Lalu adh-Dhahhak berkata:”Sekarang engkau telah masuk Islam. Jika engkau tetap meminum khamr, kami akan menghukummu dengan hukuman hadd². Tapi jika kamu murtad, maka kami akan membunuhmu.³“
📖 al-Adzkiya’ karya Ibnul Jauzi
🍏 Thuwailibul ‘Ilmisy Syar’i (TwIS)

Catatan:

1. Beliau adalah adh-Dhahhak bin Muzahim al-Hilali Abul Qasim atau Abu Muhammad al-Khurasani, seorang tabi’in. Masyayikh beliau diantaranya: Abu Hurairah, Ibnu Abbas, Ibnu Umar, dan Anas bin Malik. Adz-Dzhabi rahimahullah menggelari beliau sebagai bejana ilmu. Hadits-hadits beliau diriwayatkan oleh Ash-habus Sunan(lihat Siyar A’lamin Nubala’ juz 4 nomer biografi 238).

2. Hukum hadd bagi peminum khamr diantaranya adalah dengan dicambuk. 

3. Berdasarkan sabda Rasulullah ﷺ:

من بدل دينه فقتلوه
“Siapa yang mengganti agamanya(murtad), maka bunuhlah dia.”(H.R. Al-Bukhari dari Ibnu Abbas)

Tentunya yang berhak melakukan itu adalah pemerintah kaum muslimin. Bukan individu-individu dalam masyarakat. 
=============================
🇸🇦 Arabic
الإسلام الحق:

كان نصراني يختلف إلى الضحاك بن مزاحم، فقال له يوماً: لم لا تسلم ؟ 

قال: لأني أحب الخمر ولا أصبر عنها!

 قال: فأسلم واشربها! 

فأسلم النصراني..

فقال له الضحاك: انك قد أسلمت الآن، فإن شربت الخمر حددناك، وإن رجعت عن الإسلام قتلناك.!!
[الأذكياء لإبن الجوزي]


Tags: , , ,
Copyright 2019. All rights reserved.

Posted 8 November 2016 by Al Ilmu in category "Faedah Umum

Leave a Reply

Your e-mail address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.